Header Ads

Menjelajahi Hutan Purba di Goa Jomblang

               Daerah Istimewa Yogyakarta tempat menarik. Kota Yogyakarta pasti tak akan lepas dari ingatan. Keunikkan dan kekhasannya yang selalu menjadikan kenangan bagi siapa saja. Bukan hanya terkenal sebagai kota pelajar tetapi sebagai pusat seni dan budaya Jawa. Banyak terdapat tempat wisata di Jogja yang membentang di kawasan provinsi yang sangat istimewa dengan kekayaannya akan adat dan tradisi dari berabad-abad lalu.  Ada yang khas dan berbeda dengan provinsi lain di Indonesia, pemerintahan di Yogyakarta secara turun temurun dipimpin oleh seorang Sultan. Inilah yang menjadikan Yogyakarta  menyandang titel Daerah Istimewa.
                
Goa Jomblang
Hutan Purba di Goa Jomblang
             Sebagai kota budaya menjadikan Yogyakarta berbeda dengan kebanyakan kota besar lain di Indonesia. Suasana keseharian di Yogyakarta jauh lebih santai dengan segala keramahan penduduknya. Tak hanya warganya yang ramah tetapi juga terdapat banyak tempat wisata kuriner di Jogya dengan jenis makanan khas  yang  serba enak, dan banyak sekali tempat-tempat di Yogya yang menarik untuk dikunjungi. Seperti berbagai bangunan bersejarah yang sudah banyak dikenal orang, seperti bangunan candi dan keraton dengan arsitektur yang unik. Yogyakarta juga banyak menyimpan kekayaan alam yang amat indah luar biasa.
                Jadi kalau Anda akan berkunjung san menikmati  liburan di Yogyakarta, ada ekomendasi tentang salah satu tempat menarik dan harus dikunjungi di Yogyakarta. Tempat ini sangat spesifik dan tiada bandingnya di dunia. Tempat ini adalah hutan purba di goa Jomblang. Goa ini sangat unik dan pernah menjadi lokasi syuting Amazing Race season 19. Hutan alam ini sudah  terbentuk ribuan tahun lalu karena proses geologi, yaitu  amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi. Sehingga membentuk sinkhole atau seperti sumuran. Hingga sekarang vegetasi berupa tumbuhan seperti rerumputan, jamur, tanaman paku bahkan pepohonan besar tetap hidup dan lestari selama ratusan tahun.
             
Hutan Purba di Goa Jomblang
Hutan Purba di Goa Jomblang
Lokasinnya bisa ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih waktu tempuh noirmal 2 jam dari Kota Yogyakarta. Hutan  purba ini berada di Desa Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata doa ini sangat mengasyikkan, karena harus dengan menempuh 
 perjalanan turun sejauh kurang lebih 80 meter dari mulut goa. Di dalam goa aroma lembap begitu kuat menyeruak dari sela-sela  pepohonan dan dinding goa. Pasti ini kaan menjadikan pengalaman yang seru sekaligus menegangkan!
                Lokasinya cukup sulit dijangkau dan dibatasinya jumlah pengunjung karena alasan keamanan. Akan lebih baik apabila Anda membuat reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke tempat ini. Karena medannya sulit dan ditimpuh tidak hanya sekedar berjalan maka pengunjung perlu untuk membawa pakaian ganti, karena Anda bakal kotor-kotoran di sini.

                Inilah salah satu rekomendasi tempat wisata di Jogja yang harus dikunjungi. 

Tidak ada komentar

Post Top Ad