Header Ads

Misteri Rambut Gimbal Anak – Anak Dieng

Misteri Rambut Gimbal Anak – Anak Dieng - Indonesia sangat kaya terbentang ribuan pulau dengan suku, adat dan budaya yang sangat beragam. Kekayaan Indonesia yang luar biasa ini tidak dimiliki oleh Negara mana pun di dunia ini.  Dari keragaman itu terdapat  hal - hal unik di tanah Nusantara ini. Pasti tidak akan terhitung lagi banyaknya keunikan yang ada di tanah air Indonesia.  Jika dirunut semua keunikan itu, pasti banyak sekali bahkan sampai tak terhitung saking banyaknya. Dimulai dari suku, alam, kebiasaan, adat budaya, ritual Misteri Rambut Gimbal anak di Dieng hingga pada semua yang berbau mistis ada di Indonesia tercinta ini.
Misteri Rambut Gimbal Anak – Anak Dieng
Rambut Gimbal Dieng
            Di mana kita tinggal pasti ada adat istiadat dan budaya dan keunikan yang masih hidup dan terpelihara. Hal-hal unik Rambut Gimbal Dieng anak di Dieng juga dapat kita lihat di dataran tinggi Dieng wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di kawasan dataran tinggi  ini menjadi objek wisata alam yang sangat unik dan menarik. Ada banyak  bangunan bersejarah yaitu berupa candi – candi, salah satunya adalah candi Arjuna. Ada juga wisata alam yang sangat unik berupa telaga dan kawah. Ada telaga warna, kawah Sikidang, kawah Sileri. Kawah Sikunang dan beberapa kawah lainnya.
            Telaga Warna memang unik dan berbeda dari telaga – telaga  pada umumnya.  Disebut telaga warna karena telaga itu terlihat berwarna-warni. Apabila sedang beruntung maka kta akan mendapati telaga dengan warna – warna yang menarik yaitu hijau, kuning, biru dan ungu. Fenomena alam di telaga warna ini terjadi karena air telaga tersebut adakandungan sulfur yang tinggi. Sehingga akan terjadi bias warna ketika sinar matahari menyinari air telaga.  Warna air telaga menjadi berwarna warni, walau akhir – akhir ini warna telaga lebih dominan hijau. Menurut warga setempat, beberapa tahun yang lalu warna - warni telaga warna lebih jelas dibandingkan saat ini.
Misteri Rambut Gimbal Anak – Anak Dieng
telaga warna Dieng
            Sementara kawah Sikidang juga melegenda dan berkembang di masyarakat. Dikisahkan bahwa pada di jaman dulu kala hidup ratu cantik bernama Shinta Dewi. Sang Ratu yang dilamar oleh pangeran Kidang Garungan. Sosok Pangeran ini dengan perwujudan berkepala kijang dengan berbadan manusia. Ratu Shinta Dewi tidak menginginkan sang pangeran kecuali pangeran Kidang Garungan mau membuat sumur sesuai keinginan Sang Ratu.
            Tetapi ternyata itu hanya siasat daari  Ratu Shinta saja dengan tujuan untuk mengubur Pangeran Kidang Garungan saat menggali sumur. Dengan kekuatannya Pangeran melakukan perlawanan dan berontak dari dalam sumur. Sehingga sumur menjadi bergetar hebat dan menyemburkan ledakan air panas. Namun Pangeran Kidang garungan gagal melakukan perlawanan dan kini sumur itu menjadi kawah Sikidang. Maka selanjutnya Pangeran yang marah itu  mengutuk kepada  keturunan Ratu Shinta rambutnya akan menjadi  gembel atau gimbal.
Misteri Rambut Gimbal Anak – Anak Dieng
kawah Dieng
            Nah, misteri rambut gimbal pada anak – anak di Dieng kini menjadi terkenal. Rambut gimbal pada anak – anak di Dieng adalah alami dan hanya dialami oleh  anak-anak tertentu saja di Dieng. Pada umumnya saat lahir mereka dengan rambut normal. Selanjutnya pada suatu fase tertentu ketika anak berumur antara tiga hingga tujuh tahun,  anak ini akan mengalami demam hebat. Selanjutnya anakl akan mengalami keunikan pada rambutnya yang  berubah menjadi gimbal.
Misteri Rambut Gimbal Anak – Anak Dieng
prosesi potong rambut gimbal
            Salah satu dari keragaman dan keunikan yang ada di tanah air adalah Misteri Rambut gimbal pada anak di Dieng. Walaupun rambut gimbal sudah dipotong berkali-kali rambut gimbal tetap saja tak akan hilang. Untuk memotongnya dilakukan prosesi khusus untuk memotong rambut gimbal ini. Biasanya, setelah dilakukan prosesi potong rambut ini, maka rambut tumbuh normal kembali. 

Tidak ada komentar

Post Top Ad