Header Ads

Jokowi-JK akan menaikkan BBM di bulan November 2014

bbm@hukum.kompasiana.com
Wonosoboterkini.blogspot.com, Diperkirakan Jokowi-JK akan menaikkan BBM di bulan November 2014 mendatang. Kenaikan ini akan dilakukan karena tidak ada pilihan lain. Jenis BBM bersubsidi harus dinaikkan. Mengingat defisit kas negara tidak dapat ditanggulangi. Kenaikan ini akan bernampak pada kenaikan besaran inflasi. Bank Indonesia (BI) pun khawatir dengan kebijakan Jokowi-JK ini. 

Walau besaran inflasi  hanya 3,9 persen September dan Agustus. Dengan penyesuaian harga BBM ini  harus waspadai. Risikonya adalah  hutang luar negeri perusahaan-perusahaan di Indonesia,
Kebijakan Jokowi-JK  tentu menambah kerentanan perekonomian.  Yang paling  relevan adalah prediksi  Indonesia mendekati kondisi krisis. Karena kondisi perekonomian global juga lokal semakin tidak menentu di masa mendatang.

Beban perekonomian Indonesia di akhir tahun sangat berat. Beban ekonomi eksternal datang sebagai  akibat dari penghapusan stimulus fiskal oleh USA. Meningkatnya suku bunga The Fed juga  akan berdampak kaburnya dana asing dari Indonesia. Sedangkan yang menjadi beban internal adalah  dari belum kondusifnya defisit transaksi berjalan nasional dan anggaran negara. 

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kenaikan BBM masih dalam perhitungan. Jokowi-JK belum akan menaikkan harga BBM  dalam waktu dekat ini. Kemungkinan Jokowi-JK akan menaikkan BBM di bulan November 2014.

Tidak ada komentar

Post Top Ad