Header Ads

Sepeda Onthel Tetap Digemari dan Tak Akan Pernah Lekang Oleh Waktu

Sepeda onthel tetap digemari dan seolah tak kan pernah lekang oleh waktu. Lihat saja di jalanan masih saja nampak sepeda onthel atau populer disebut sepeda pancal di Sekitar Jawa Timur. Sepeda Onthel biasa juga disebut sepeda untho, sepeda kebo. Sebagai gambaran sepeda onthel adalah jenis sepeda dengan ukuran roda yang besar dengan diameter 28 inci. Sepeda dengan karakter jangkung dan ramping ini memang terkesan kuno dari segi bentuknya. Akan tetapi dari nilai histori atau sejarah sepeda onthel tentu tidak kalah dengan sepeda jaman sekarang. 


Sepeda Onthel Heren/laki-laki @wikipedia

Sepeda onthel adalah kendaraan yang popuiler dan banyak digunakan di wilayah perkotaan hingga era 70an. Sepeda-sepeda yang ada di Indonesia memiliki desain dan karakter yang mengacu pada karakter Negeri kincir angin. Karena memang Sepeda yang banyak beredar di tanah air ketika itu adalah sepeda-sepeda dari negeri Belanda. Salah satu ciri sepeda onthel keluaran Belanda adalah terdapat rumahan rantai atau disebut katengkas. Lidah Indonesia melafalkan demikian karena asal katanya adalah kettingkast (dalam bahasa Belanda). Secara umum karakter atau ciri-ciri sepeda onthel keluaran Negeri Belanda adalah:

  • Memiliki penutup rantau atau katengkas
  • Gigi tidak bisa dirubah atau statis
  • Terdapat dinamo di roda depan yang berfungsi untuk menyalakan lampu.
Sepeda Onthel Demes/Perempuan @Shopee

Ada banyak sepeda onthel yang masuk Indonesia dari negara-negara produsen sepeda dengan berbagai karakter dan jenisnya. Secara umum ada dua jenis sepeda onthel yaitu sepeda laki-laki dan perempuan. Atau disebut heren untuk sepeda laki-laki dan demes untuk sepeda perempuan. Sepeda-sepeda inipun masih terbagi lagi dalam beberapa segmen. 
Yang pertama adalah segmen premium yang melahirkan beberapa merek yaitu:
  1. Fongers
  2. Gazelle
  3. Sunbeam
Yang kedua adalah segmen umum yang meliputi beberapa merek sepeda onthel terkenal yaitu:
  1. Simplex
  2. Burgers
  3. Releigh
  4. Humber
  5. Rudge
  6. Batavus
  7. Philips
  8. NSU

Tentu sepeda-sepeda tua ini semakin langka karena produksinya sudah tidak seperti di Eranya dulu sebelum tahun 1970. Namun masih banyak yang menggemari sepeda tua ini, hingga di tahun 200an mulai banyak orang ramai memburu sepeda onthel untuk dikoleksi karena sudah menjadi barang langka dan antik. Hingga kini berbagai kalangan dan generasi mulai menyukai sepeda onthel. Tentu, selanjutnya sepeda ontel menjadi barang langka dan mahal yang akan terus digemari dan tak kan lekang oleh waktu.


Tidak ada komentar

Post Top Ad